Bunga papan duka cita, Bunga papan jakarta, Bunga papan bandung, Bunga papan solo, Bunga papan surabaya, Bunga papan semarang, Bunga papan yogyakarta, Bunga papan tangerang, Bunga papan bogor, Bunga papan malang,
16 Des

Bisnis karangan bunga merupakan jenis usaha yang sedang berkembang di kota-kota besar Indonesia. Banyaknya permintaan karangan bunga dari berbagai pihak menjadikan bisnis ini sangat potensial untuk dirintis dan menghasilkan laba dimasa depan. Kota-kota besar seperti Jakarta, Surabaya, Bandung merupakan tempat yang cocok bagi anda yang akan memulai bisnis bunga papan solo. Hal ini dikarenakan seringnya masyarakat disana yang mengadakan berbagai acara seperti seminar, wisuda, pernikahan dimana permintaan akan karangan bunga sangat tinggi.

Berikut ini kelanjutan dari postingan sebelumnya

6 Tips Sukses Memulai Bisnis Karangan Bunga, Hambatan, dan Analisa Modal Usaha Part 1

Bunga papan duka cita, Bunga papan jakarta, Bunga papan bandung, Bunga papan solo, Bunga papan surabaya, Bunga papan semarang, Bunga papan yogyakarta, Bunga papan tangerang, Bunga papan bogor, Bunga papan malang,4. Kerjasama Dengan Pemasok Bunga

Bisnis karangan bunga tidak bisa anda lakukan seorang diri. Anda sebagai pengusaha membutuhkan banyak jaringan untuk menyukseskan usaha anda. Jaringan yang mutlak anda perlukan adalah pemasok bunga. Tanpa adanya pihak yang memasok bunga, usaha anda tidak akan bisa berjalan. Apalagi tidak mungkin untuk menyediakan bunga sendiri dengan menanamnya, karena hal itu sangat tidak efisien untuk dilakukan.

Lakukan survey untuk menentukan pemasok bunga anda. Jangan asal memilih pemasok bunga, kualitas bunga yang buruk akan berdampak pada usaha anda. Carilah pemasok yang menyediakan bunga dengan kualitas baik. Bertanyalah dengan mereka yang telah lebih dulu memulai usaha ini untuk menemukan pemasok bunga yang berkualitas.

Jika anda telah menemukan pemasok tersebut, jadikanlah mereka sebagai mitra anda. Jalin kerjasama dan sampaikan bahwa anda ingin mereka menjadi pemasok utama untuk usaha karangan bunga.

Bukan tidak mungkin anda akan mendapatkan kemudahan dari mereka jika sudah bekerja sama. Bisa kemudahan berupa antar bunga langsung ketempat anda atau memperoleh potongan harga dari bunga yang anda pesan.

Inilah keuntungan dan manfaat yang diperoleh dari kerja sama yang anda jalin yaitu kemudahan dan hubungan yang sama-sama menguntungkan. Hal ini tentu tidak akan anda dapatkan jika memilih untuk bekerja sendiri dan tidak mencari pemasok utama. Kerepotan menemukan bunga yang berkualitas dan harga yang cocok pasti akan anda hadapi.

5. Rekrut Karyawan

Dengan adanya tambahan karayawan yang membantu anda, bisnis karangan bunga yang dijalankan pasti akan lebih mudah dilakukan. Sangat tidak mungkin anda melakukan usaha ini tanpa bantuan orang lain, jadi mulailah untuk merekrut orang untuk bagian-bagian yang vital dalam usaha.

Pertama, anda harus merekrut orang yang bertugas mengantarkan pesanan bunga kepada pelanggan. Dalam memilih karyawan untuk posisi ini anda harus berhati-hati, karena mereka membawa mobil perusahaan untuk mengantarkan bunga.  Jika memungkinkan rekrutlah keluarga yang belum memiliki pekerjaan sebagai pengantar pesanan bunga. Karyawan yang berasal dari keluarga pasti akan lebih anda percayai dan sangat kecil kemungkinan mereka untuk melakukan penyelewengan.

Kedua, anda harus merekrut karyawan yang bertugas merangkai bunga pesanan pelanggan. Dikarenakan merangkai bunga memerlukan keterampilan, maka sebelum menerjunkan mereka langsung anda harus melatih mereka terlebih dahulu. Berikan mereka pelatihan dasar tentang cara merangkai bunga yang baik, latihlah mereka dengan sabar dan tidak terburu-buru. bunga papan solo

Untuk posisi perangkai bunga, anda harus memilih orang yang memiliki kreativitas yang tinggi. Karyawan yang memiliki kreativitas yang tinggi akan mampu untuk melahirkan karya-karya yang brilian yang akan mendukung perlembangan usaha anda.

Kedua posisi tersebut merupakan posisi yang sangat vital dalam bisnis karangan bunga, jadi bijaksanalah dalam merekrut karyawan. Apabila usaha anda telah maju berkembang, selanjutnya anda bisa merekrut tambahan karyawan untuk membantu anda. Sebagai contohnya merekrut customer service yang bertugas melayani pelanggan via telpon dan staff keuangan yang bertugas untuk membuat laporan keuangan usaha anda.

6. Ini Kiat Mempromosikan Bisnis Karangan Bunga papan solo

Di zaman yang serba canggih seperti sekarang, melakukan promosi bukanlah hal yang sulit untuk dilakukan. Manfaatkanlah media sosial dan buatlah website untuk mendapatkan lebih banyak pelanggan diluar sana.

Gunakan Instagram sebagai media sosial untuk melakukan promosi usaha. Upload karangan bunga dengan semenarik mungkin agar pelangan tertarik dengan usaha anda. Sediakan juga informasi tempat usaha dan kontak anda agar para pelanggan mudah untuk melakukan pemesanan karangan bunga.

Gunakanlah pula website sebagai sarana anda dalam mempromosikan usaha yang dirintis. Jelaskan secara rinci harga sewa karangan bunga dan contoh karangan bunga yang telah anda rangkai. Cara seperti ini efektif untuk mendapatkan pelanggan yang sibuk dan tidak sempat untuk datang secara langsung.

Walaupun teknologi bisa mendukung promosi usaha anda, jangan pernah melupakan teknik promosi secara konvensional. Manfaatkan media cetak dan banner untuk mengenalkan usaha karangan bunga anda. Carilah koran lokal yang memiliki pembaca terbesar dikota anda sebagai media untuk berpromosi. Tempatkan pula banner di setiap sudut kota agar mudah dilihat oleh para pelanggan anda.

Anda bisa juga menawarkan usaha anda melalui mulut ke mulut, caranya adalah dengan menawarkan jasa kepada teman-teman anda. Teman yang anda kenal akan lebih percaya dengan usaha anda karena adanya ikatan emosional yang telah anda bangun dengan mereka.

Jika teman anda merasa puas dengan jasa anda, mereka pasti dengan sendirinya merekomendasikan jasa anda kepada orang lain yang mereka kenal. Inilah yang disebut dengan kekuatan promosi dari mulut ke mulut. bunga papan solo

Mengkombinasikan promosi konvensional dan media sosial akan menjadikan usaha yang anda rintis lebih mudah untuk dikenal oleh masyarakat. Jadi, jangan hanya terpaku dengan satu jenis media promosi saja. Manfaatkanlah sebanyak-banyaknya media promosi untuk mendukung kesuksesan usaha anda.

 

Mau tahu tentang hambatan dan perhitungan modalnya?

Baca berikut ini:  6 Tips Sukses Memulai Bisnis Karangan Bunga, Hambatan, dan Analisa Modal Usaha Part 3